Bersih Desa

Acara Akan Datang

Tak ada acara mendatang

Bersih desa merupakan tradisi turun temurun dalam kebudayaan masyarakatdi desa tegalsari. ritual bersih desa ini telah dilakukan secara rutin setiap tahunya oleh masyarakat desa tegalsari. Ritual bersih desa ini merupakan wujud bersatunya manusia dengan alam yang mana Ritual Bersih Desa sebagai wujud rasa syukur warga desa tegalsari atas berkat yang diberikan Tuhan kepada masyarakat desa, baik dari hasil panen, kesehatan, dan kesejahteraan yang telah diperoleh selama setahun dan juga sebagai permohonan akan keselamatan dan kesejahteraan warga desa untuk satu tahun mendatang. Ritual Bersih Desa sendiri biasanya dilaksanakan satu kali dalam setahun setelah musim panen tiba ataupun saat waktu-waktu tertantu untuk menghormati leluhur.hari pelaksanaanya pun tidak sembarangan ditentukan, melainkan ada hari-hari tertentu di dalam kalender Jawa yang merupakan hari sakral untuk melaksanakan Ritual Bersih Desa.

Dalam kegiatan bersih desa ini desa tegalsari akan mendatangkan tokoh ulama yang terkenal yang akan memberikan suatu pedoman serta doa kepada masyarakat yang ada di desa tegalsari supaya masyarakat di desa tegalsari menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. Lokasi dari kegiatan bersih desa ini nanti akan dilaksanakan di balai desa tegalsari.

tujuan dari kegiatan bersih desa ini pun diantaranya adalah :
a. Sebagai perwujudan syukur kepada Tuhan yang telah memberikan hasil panen yang melimpah.
b. Sebagai wujud ungkapan terimakasih kepada Dewi Sri yang telah menjaga tanaman-tanaman pertanian sehingga terhindar dari hama.
c. Untuk menjaga keselamatan para warga desa dari gangguan hal-hal gaib seperti roh atau arwah yang masih gentayangan.
d. Agar terhindar dari gangguan-gangguan penyakit,keamanan dan bencana.
e. Untuk sarana membersihkan desa dan warganya dari musibah atau kesengsaraan agar desa tersebut menjadi aman dan tentram.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan